Malaysia akan sekat lagu-lagu Indonesia

KUALA LUMPUR, RABU–Para pendengar radio di Malaysia bakal kesulitan untuk mendengar lagu-lagu Indonesia kalau saja pemerintah setempat mengabulkan permintaan pembatasan penyiaran lagu Indonesia.

Adalah Persatuan karyawan industri musik Malaysia (Karyawan) yang mengusulkan pembatasan penyiaran lagu-lagu Indonesia di radio. Rencananya usulan tersebut akan disampaikan kepada Menteri Tenaga, Air, dan Komunikasi Malaysia Shaziman Abu Mansor.

“Kami akan menghadap menteri Shaziman besok untuk menyampaikan tuntutan kuota 90 persen siaran lagu-lagu Malaysia, sisanya baru lagu Indonesia 10 persen,” kata ketua Karyawan Ahmad Abdullah kepada Malaysiakini. com, Rabu.

Menurut Karyawan, jika tuntutan kuota itu tidak diterima, perbandingan 80:20 masih bisa diterima.

Tuntutan itu didukung sekitar 700 karyawan yang bekerja di industri musik. Dalam pertemuan itu, Presiden Karyawan Freddie Fernandez, komposer dan penyanyi terkenal M Nasir dan Nan Saturnie akan hadir dalam pertemuan dengan menteri.

Para karyawan industri rekaman Malaysia sudah lama memprotes dan menuntut agar radio di Malaysia tidak terlalu banyak menyiarkan lagu Indonesia karena akan menambah penjualan album penyanyi Indonesia di Malaysia, dan menurunkan pangsa pasar album penyanyi Malaysia.

Para penyiar dan pengelola stasiun radio Malaysia beralasan seringnya memutar lagu Indonesia disebabkan banyaknya permintaan dari pendengar.

Bahkan, tiga stasiun radio swasta yang saling berlomba menduduki posisi teratas di Malaysia, Era FM, Hot FM, dan Suria FM memiliki program pemutaran lagu Indonesia setiap hari Minggu, antara jam 10-12 siang.

Penyanyi rock terkenal Malaysia Amy Search mengatakan kepada pers, jika jam 10 malam ke atas Malaysia sudah seperti Jakarta karena semua radio menyiarkan lagu-lagu Indonesia hingga dinihari.

Karena banyak penggemarnya, banyak perusahaan telekomunikasi seperti Maxis, DIGI dan Celcom serta Telekom Malaysia (TM) yang mensponsori konser musik group band Indonesia di Malaysia. (ANT)

5 Comments

  1. wihhhhhhhhhhhhhh…da lama banget ni brita baru hot skrg2!!!!
    y tergantung slera lah, y ngaku j deh orang malay kan ga kreativ kaya kita wahahahaha
    kita (indo) ga prnah di menangin di ajangnya sono juga ga ape2 toh da jalan lain….
    slera tu ga bisa di kalain deh…makanye kalo bikin lagu tu yang ga trlalu ke melambai kaya kangen dunk….cus bahasa nya j ga enak di kuping hahaha terlalu ngejaga tradisi….

  2. Swasti,
    Benar juga. Kita juga jangan terlalu reaktif kalau ada apa-apa langsung ramai. Kenapa juga kita tidak saling mendukung saja? kan ada beberapa contoh tuh produksi bersama beberapa filem antara Malaysia dan Indonesia seperti film ‘Love’ yang konon sukses besar di sana dan di sini. Lagu-lagu Indonesia juga sangat ngetop di Malaysia, sebaliknya lagu-lagu Siti Nurhaliza, Amy Search, Sheila Majid, Anita Sarawak, dulu juga menjajah khasanah musik Indonesia.
    Jadi? cool saja lah, ini tidak lebih cuma urusan bisnis. Duit.
    Salam.

    malindo kini

  3. gw bangga jd orang indonesia….??
    karna gw orang indonesia itu banyak yang kreatif n inovatif….
    g kaya orang malaysia yang mandul akan kreatifitas…??
    setahu gw orang malaysia bisanya cuma nyontek trus sukanya maen curi dari indonesia..??
    seperti reog…batik…rendang…dll,,,
    pokoknya gw sebagai bangsa indonesia g kan rela lg klo banyak hasil karya anak2 indonesia diklaim ma malaysia alias MALINGSIA….??

    cia you bwt musik indonesia…………….

  4. aduh…. gak salah apa ngebatasi lagu2 indonesia di malaysia. kasihan dong yang suka dengeri lagu2 indonesia di negri jiran sono.

  5. Im proud to be indonesian
    Biar negaranya melarat(Dari segi Ekonomi)
    Tapi Kreativitas dan Musikalitas nya Sangat Tinggi
    wajar Klo 90% radio dimalaysia dirajai musik2 indonesia
    Lha wong SEDAP-SEDAP Ghe THO
    Pokok e Maju terus Permusikan Indonesia

    WAh…Malaysia Kok tega gitu
    wah bukan persaingan bebas donk
    Tapi Namanya Rejeki di tangan Tuhan
    Goodluck buat Malaysia
    But Please, Stop Stealing Things From us


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s