Krisis Minyak & Energi: apalagi yang dapat dihemat?

Presiden dalam ucapannya baru saja mengindikasikan bahwa harga BBM (Bahan Baku Minyak) akan segera naik. Tidak tanggung-tanggung Presiden, Juga Wakil Presiden Jusuf Kalla sudah menyebutkan kisaran kenaikan itu akan berada di 30%. Itu maknanya harga bensin premium kan berada di harga sekitar Rp 6000,- per liter.

Keputusan pemerintah yang tidak populis ini tentu dapat dimaklumi mengingat harga minyak dunia yang sudah di atas 120 Dolar Amerika per barel. Tindakan ini juga patut disambut perasaan lega setelah sebelumnya pemerintah bimbang karena pelbagai pertimbangan, yang saya yakin itu lebih kepada pertimbangan politis. Malah pemerintah sempat akan memberlakukan sistem pembatasan bagi rakyat Jakarta yang akan membeli bensin premium bersubsidi yang lebih populer dengan sistem smart card. Cadangan itu, dengan membatasi setiap mobil diisi maksimum 5 liter premium dalam sehari, seperti sudah diramalkan beberapa pengamat, mendapat banyak tentangan.

Harga minyak yang baru akan efektif bulan Juni di hadapan, sudah didahului kenaikan harga hampir semua barang dan jasa. Seolah beradu cepat, semua membumbung naik. Harga 9 bahan pokok, tarif angkutan, bahkan harga cabai keriting semua bergerak ke level yang lebih tinggi.

Meskipun itu baru angka perkiraan, 30% adalah angka yang fantastis. Dapat dipastikan rakyat Indonesia akan bertambah terhimpit dalam kemiskinan. Krisis pangan, krisis energi, krisis sosial dan krisis politik. Apalagi yang tersisa untuk dihemat?

Efek domino dari krisis itu pun sudah pasti akan berimbas pada Pemilihan Umum 2009 nanti. Tentu tak salah kalau rakyat menginginkan pemerintah yang baru. Yang bisa menjamin hidup lebih sejahtera, menurunkan harga, dan mengikis jumlah kemiskinan dan pengangguran sampai titik paling rendah.

Rakyat sudah bosan menderita. Rakyat sudah bijak dan paham mana janji-janji palsu di kampanye dan lagu-lagu yang mendayu.

Didik Budiarto

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s