SKB sesatkan Ahmadiyah

Maju-mundur. Itulah kesannya. Maju takut, mundur pun tak mau. Itulah pemerintah Indonesia menyikapi kasus Ahmadiyah. Desakan kuat untuk ‘menyesat’kan Ahmadiyah sangat kuat, terutama datang dari kelompok Islam garis keras, yang juga didukung oleh beberapa organisasi Islam yang sering melakukan demo, sweeping, dan pelbagai kekerasan dalam membela agama mereka. Mereka ini yang sering disebut sebagai ‘preman berjubah’. Bukan itu saja, desakan untuk segera melarang Ahmadiyah juga datang dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), sebuah lembaga swadaya masyarakat Islam yang entah mengapa bertindak sebagai otoritas satu-satunya di negara ini kalau sudah menyangkut masalah Islam.

namun desakan beberapa kelompok Islam yang lebih arif pun tak kurang kuat. Mereka ini mengingatkan pemerintah untuk menjamin kebebasan beragama dan kebebasan berpendapat. Mereka pun menyodorkan fakta, bahwa Ahmadiyah sudah ada di sini sejak 1925, dan selama itu tidak pernah dilarang dan terbukti mampu hidup berdampingan dengan damai dengan pemeluk agama dan kepercayaan lainnya. Mereka ada di sini dengan tenang ketika menjelang kemerdekaan, ketika sudah merdeka, ketika Sukarno berkuasa, ketika Indonesia dipimpin Suharto, Habibie, Gus Dur dan bahkan Megawati.

Tetapi mengapa hujatan untuk menghancurkan mereka, dengan alasan bahwa Ahmadiyah sudah keluar dari ajaran Islam, baru menguat justru ketika SBY-Kalla berkuasa? Apakah pemerintah ini begitu lemah terhadap fenomena menguatnya Islam garis keras di sini? Ataukah SBY-Kalla bagian dari itu? Atau pemerintah sekarang sekedar tersandera kelompok politik Islam yang memang bertambah kuat?

Apakah pemerintah Indonesia akan mampu menjaga bandul itu tetap di tengah? Tidak ke kiri dan tidak ke kanan? Kepentingan menjelang PEMILU 2009 mungkin akan mempengaruhi apapun keputusan yang diambil SBY-Kalla.

Didik Budiarto

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s